Pages

Mau bikin pidato ?

-->
Dari beberapa model berpidato, manakah yang kalian senangi? Berpidato dengan membaca teks, berpidato tanpa teks, berpidato dengan garis besar atau kerangka naskah, atau berpidato secara mendadak tanpa persiapan? Model apapun yang kalian pilih, tentu harus dipersiapkan dengan sebaik-baiknya. Model pidato yang dipilih tentu disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan pidato.
Beberapa pertimbangan dalam menyusun naskah pidato sebagai berikut.
  1. Maksud dan tujuan pidato
Sebelum teks pidato dibuat sebaiknya diketahui lebih dulu maksud dan tujuan pidato. Pidato biasanya memiliki maksud-maksud antara lain : menjelaskan, meyakinkan, menghibur, membujuk, menasihati, dll. Hal ini penting agar teks yang disusun dapat sesuai dengan tujuan yang dimaksud.
  1. Pendengar pidato
Menganalisa calon pendengar pidato juga termasuk unsur pertimbangan penulisan teks pidato, terutama akan mempengaruhi pemakaian kata-kata yang sesuai dengan tingkat pemikiran pendengar pidato. Harapannya hal-hal yang disampaikan dalam pidato dapat terserap secara maksimal oleh pendengar.
  1. Tema Pidato
Semua tentu sepakat bahwa tema pidato penting untuk diketahui. Tema akan mengikat segala gerak teks pidato yang kita susun. Tujuannya, agar tidak keluar dari tema yang sudah ditetapkan.
Setelah unsur-unsur tadi dapat dipahami, barulah kita mulai menulis teks pidato. Pada awalnya mulailah dengan terlebih dahulu merencanakannya melalui kerangka teks. Kerangka teks pidato pada umumnya terdiri dari hal-hal berikut.
  1. Pembukaan, meliputi : salam pembuka, ungkapan syukur.
  2. Isi, meliputi : inti masalah, ilustrasi atau contoh dan penjelasan.
  3. Penutup, meliputi : kesimpulan, harapan dan penutup.

windi ariesti

I'm from Indonesia. I like writing, editing video and travelling.

No comments:

Post a Comment