Pages

Musuh kulit?

Kerusakan lingkungan saat ini bukan hanya menyebabkan perubahan cuaca yang tidak menentu tapi juga menyebabkan berbagai polusi menjadi kian parah, hingga makin banyak radikal bebas, musuh kulit kita yang terpaksa kita hirup setiap harinya.

Radikal bebas yang menjadi musuh kulit kita merupakan molekul yang tidak stabil dan sangat berbahaya bagi tubuh dan kulit kita, karena menyebabkan perubahan patologis penyebab penuaan dini dan menyebab timbulnya kanker.


Menjaga kulit agar tetap sehat adalah keinginan kita, dengan makanan sehat yang kita konsumsi, cukup gizi dan seimbang ditambah lagi dengan pola hidup sehat diyakini mampu mengimbangi perubahan cuaca, radikal bebas dan berbagai musuh kulit, berikut ini adalah musuh kulit lainnya yang harus kita waspadai :
1. Sinar MatahariFakta membuktikan, sinar Matahari baik untuk kesehatan, namun manfaat sinar Matahari hanya pada pagi hari sebelum pukul 8.00 dan setelahnya sinar Ultraviolet B (UV-B) yang terpancar dari sinar Matahari dapat merusak kulit. Sangat disarankan untuk selalu menggunakan sunblock sebelum melakukan aktivitas di siang hari
2. Debu.Debu adalah partikel halus yang tidak dapat dideteksi oleh mata, dapat berupa radikal bebas berterbangan disekeliling kita akibat dari polusi udara. Debu ternyata menjadi musuh kulit jika menempel dan menutupi pori-pori kulit terlalu lama kulit akan tampak kusam dan dapat mempercepat proses penuaan dini. Oleh karena itu biasakan untuk selalu membersihkan kulit setiap ada kesempatan dan setiap selesai melakukan aktifitas serta menjelang tidur, agar pori-pori kulit menjadi bersih dan dapat bernafas dengan baik.
3. DehidrasiKekurangan cairan tubuh termasuk dalam musuh kulit, karena dehidrasi atau kekurangan cairan dapat mengurangi kekenyalan kulit. Hal ini disebabkan oleh karena lapisan kolagen dan elastin yang ada dibawah permukaan kulit dan berfungsi menjaga kekenyalan kulit sangat memerlukan air. Dan untuk menjaga agar kulit tubuh tetap kenyal dan sehat dan tidak mengalami dehidrasi, kita dianjurkan minum air minimal 2 liter setiap harinya.
4. Kekurangan Vitamin.Sama halnya dengan tubuh, ternyata kulit juga memerlukan asupan Vitamin untuk menjaganya agar tetap sehat, makanan yang penting untuk kulit adalah yang banyak mengandung antioksidan, Vitamin A, C dan E. Makanan ini sangat penting artinya untuk melawan segala musuh kulit yang mungkin ada disekitar kita. Karena Vitamin dan antioksidan ini berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh, menjada kelembaban dan elastisitas kulit, menjaga kulit dari musuh utama yaitu radiasi sinar UV-B, mempercepat proses menyembuhan luka pada kulit dan mampu mengurangi resiko terkena kanker.

windi ariesti

I'm from Indonesia. I like writing, editing video and travelling.

No comments:

Post a Comment